Maruf Amin: Tema yang Dipilih PDIP Cocok dengan Perjuangan MUI

Jiromedia.com -Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Maruf Amin, menjadi salah satu pembahas dalam Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan DPP PDI Perjuangan.

Maruf Amin mengatakan, tema yang dipilih PDIP dalam FGD hari ini sangat sesuai dengan yang diperjuangkan MUI. Tema tersebut berbunyi "Aktualisasi Nilai-nilai Kebangsaan untuk Mencegah Penyebaran Paham Radikalisme Pro Kekerasan dan Intoleransi". 

"Karena Pancasila itu sudah final dan menjadi titik temu di Indonesia," kata Maruf Amin usai menjadi pembicara FGD di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta, Jumat (27/4).

Maruf menilai, saat ini masih banyak pihak yang tidak punya komitmen terhadap Pancasila. Padahal, komitmen dalam membangun kehidupan berbangsa bisa dilakukan dengan memperkuat nilai Pancasila.

"Bagi mereka yang belum punya komitmen kebangsaan berarti ada mispersepsi tentang keislaman dan kebangsaan," ujarnya.

Maruf Amin mengharapkan FGD yang diadakan PDIP bisa menjadi sumbangan dalam mengatasi radikalisme. Selain dengan kontraradikalisme, paham kekerasan itu juga harus dibangun melalui ukhuwah islamiyah.

"Persaudaraan sesama Islam dan wataniah persaudaraan sesama bangsa," imbuhnya.

Jika hal ini telah terbangun, Maruf yakin tidak akan muncul lagi konflik antar umat agama. Perbedaan pendapat pun bisa diselesaikan tanpa konflik. [rmol]

Subscribe to receive free email updates: