Amien Rais: Poros Ketiga Cuma Untuk Meriahkan Suasana

Jiromedia.com -Pendaftaran bakal calon presiden untuk Pilpres 2019 tinggal kurang dari empat bulan ke depan. Sampai saat ini, cuma dua kubu yang berpotensi bertarung lagi yaitu kubu Joko Widodo melawan Prabowo Subianto.

Ketua Majelis Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, menegaskan, hampir mustahil poros ketiga muncul pada laga Pilpres 2019. Apalagi, poros ketiga harus disokong partai politik dalam jumlah banyak dan mau konsisten mengusung poros baru.

"Buat saya poros ketiga itu hampir mustahil ya. Alasannya sudah banyak yang 'nomplok' di Pak Jokowi, tinggal beberapa partai yang belum. Tinggal Demokrat, Gerindra, PAN, PKS. PKB sepertinya belum tahu saya," ujar Amien Rais di Balaikota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (24/4).

Karena koalisi pengusung Jokowi sendiri sudah begitu gemuk, maka sangat sulit untuk membentuk poros ketiga. 

"Kan harus 20 persen lebih (kursi di DPR RI), kemudian yang lain sudah tidak mungkin. Jadi wacana poros ketiga itu hanya untuk memeriahkan suasana. Substansinya tidak ada," tegas mantan Ketua MPR RI itu. 

"Saya bisa keliru. Tapi untuk saya, akhirnya hanya dua paket," tutup Amien. 

Amien berada di Balai Agung, Balaikota Jakarta, untuk mengisi ceramah dalam acara Tasyakuran Satu Tahun Ustadzah Peduli Negeri.[rmol]

Subscribe to receive free email updates: