PAN: Bagi-bagi Sembako, Jokowi Buktikan Rakyat Miskin Masih Ada

Jiromedia.com -Kebiasaan Presiden Joko Widodo membagikan bahan pokok dan uang tunia dalam tiap kunjungan ke daerah merupakan bukti nyata bahwa jumlah rakyat miskin masih banyak di Indonesia.

"Bagi-bagi sembako itu kan menunjukkan bahwa masyarakat miskin masih ada," ujar Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (23/4).

Karena masih banyak rakyat yang hidup miskin, Viva berpendapat sebaiknya pemerintah mengeluarkan kebijakan lebih konkret ketimbang sekadar presiden membagi-bagi bantuan langsung.

Soal dugaan bagi-bagi bahan pokok oleh presiden yang mengandung unsur pengunaan APBN senilai Rp 3 miliar, Viva enggan berkomentar.

Ia hanya mengingatkan kepada Presiden Jokowi agar lebih mempelajari imbauan-imbauan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Pasalnya, langkah Jokowi bagi-bagi bantuan langsung mudah dinilai sebagai bagian dari kampanye terselubung pemenangannya di Pemilihan Presiden 2019.

"Bawaslu sudah menyatakan bahwa sebaiknya Bapak Presiden tidak usah lagi bagi-bagi sembako, itu sudah jelas," demikian Viva.

Beberapa waktu lalu, Anggota Bawaslu RI, Rahmat Bagja, meminta Presiden Jokowi menghentikan kegiatan bagi-bagi "sembako" saat kunjungan kerja ke daerah. 

Bagja mengingatkan, aksi bagi-bagi bantuan itu berpotensi dianggap sebagai kampanye menjelang Pemilihan Presiden 2019.[rmol]

Subscribe to receive free email updates: