PDIP soal Pesan Moral 'GoT': Jokowi Ingin Kualitas Demokrasi Membaik

Jiromedia.com -Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pesan moral yang hendak dia sampaikan dalam pidato 'Game of Thrones (GoT)' adalah tidak boleh melakukan kerusakan hanya untuk menghasilkan sebuah kemenangan. PDIP menilai pesan tersebut ajakan untuk gotong royong.

"Saya pikir itu pesan universal, ajakan untuk gotong royong," kata Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan PDIP Eva Sundari kepada detikcom, Selasa (16/10/2018).

Selain itu, menurut Eva, melalui pesan moral yang disampaikan di saat pertemuan IMF-World Bank beberapa hari lalu itu, Jokowi ingin agar kualitas demokrasi Indonesia membaik.

"Berlaku bagi elit politik agar kualitas demokrasi membaik. Tidak hanya legal tapi juga aspek legitimate. Tidak hanya menang yang hanya menghalalkan segala cara sampai bikin peringkat demokrasi kita turun 20 peringkat karena SARA dipolitisasi di Pilkada DKI," tuturnya. 

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan soal pesan moral yang terkandung dalam pidato 'Game of Thrones' yang dia sampaikan saat pertemuan IMF-World Bank beberapa hari lalu. Dia menegaskan pidatonya itu juga ditujukan untuk elite politik di Indonesia.

Jokowi mengatakan pesan moral yang hendak dia sampaikan lewat pidato itu tentang konfrontasi dan perselisihan. Bahwa perselisihan itu bisa membawa penderitaan.

"Bahwa kekalahan maupun kemenangan dalam perang selalu hasilnya sama, yaitu dunia porak poranda. Tidak boleh melakukan kerusakan hanya untuk menghasilkan sebuah kemenangan, tidak ada artinya kemenangan yang dirayakan di tengah kehancuran. Itulah pesan moral yang ingin saya sampaikan di saat annual meeting itu," kata Jokowi, di kampus UKI, Cawang, Jakarta, Senin (15/10/2018).
(detik)

Subscribe to receive free email updates: