Hasil Liga Inggris: Dramatis, Liverpool Kalahkan Everton 1-0

Jiromedia.com -Liverpool keluar sebagai pemenang Derby Merseyside jilid I Liga Inggris2018/19. Gol di akhir injury time menentukan kemenangan Liverpool atas Everton 1-0.

Bertempat di Anfield dalam laga yang tuntas Senin (3/12/2018) dinihari WIB, pemain pengganti Divock Origi menjadi pahlawan Liverpool. Origi mencetak gol kemenangan usai memanfaatkan kesalahan kiper Everton Jordan Pickford.

Sepanjang pertandingan, Liverpool lebih mendominasi. Si Merah unggul penguasaan bola dengan 58-42 dengan melepaskan 16 percobaan meski hanya empat yang mengarah ke gawang. Sedangkan Everton menciptakan sembilan percobaan, yang tiga di antaranya mengarah ke gawang.

Berkat kemenangan ini, Liverpool terus menempel juara bertahan Manchester City di puncak klasemen. The Reds menempati peringkat kedua usai mengantongi 36 poin, berjarak dua poin dari City dan unggul lima angka dari Chelsea di posisi ketiga.

Jalannya Pertandingan

Everton memulai pertandingan dengan baik. Di menit keempat, Everton nyaris membuka skor setelah sundulan Yery Mina melenceng dari gawang Alisson Becker.

Temp pertandingan berjalan tinggi. Dominasi Liverpool menghasilkan peluang di menit ke-12. Mohamed Salah menerima operan Andrew Robertson di tepi kotak penalti, yang diteruskan Sadio Mane dengan tembakan kaki kiri. Bola melambung tinggi dari gawang Everton.

Sembilan menit kemudian, Everton kembali merepotkan Liverpool. Liverpool mesti melakukan sapuan tepat di garis gawang, untuk menghalau bola rebound hasil sundulan Andre Gomes yang mengarah tepat di badan Alisson.

Saat pertandingan berjalan setengah jam, Roberto Firmino mencoba peruntungannya. Sebuah sepakan jarak jauh dilepaskan Firmino, tapi kiper Jordan Pickford dalam posisi tepat sehingga tidak ada masalah.

Empat menit berselang, Pickford melakukan penyelamatan gemilang. Xherdan Shaqiri dalam posisi one-on-one dengan Pickford usai menerima umpan silang Salah. Namun, Pickford dengan tenang sukses memblok sepakan Shaqiri.

Everton langsung merespons. Theo Walcott terbebas ke arah gawang usai menerima umpan Gylfi Sigurdsson. Walcott mengitari Alisson, tapi si kiper Brasil mampu menghentikan momentumnya.

Babak pertama berakhir, skor masih 0-0.

Sebuah peluang emas tercipta untuk Liverpool di menit ke-47. Bekerja sama dengan Giorginio Wijnaldum, Salah melepaskan tembakan melengkung kaki kiri ke tiang jauh yang tidak mampu dijangkau Pickford. Tapi bola masih melenceng.

Enam menit kemudian, Mane membuang peluang emas mencetak gol. Diawali dari perampasan bola di area tengah lapangan, Mane melepaskan diri dari kawalan Seamus Coleman. Di dalam kotak penalti, Mane, yang dikawal Michael Keane gagal melakukan penyelesaian dengan sempurna di dekat tiang gawang.

Di menit ke-69, penalti untuk Liverpool? Mane tampak dilanggar Lucas Digne sebelum mendapatkan bola. Namun, wasit tidak menganggapnya sebagai pelanggaran. 

Memasuki 10 menit terakhir, Liverpool melakukan serangan balik berbahaya. Dari sisi kiri, Firmino melepaskan umpan silang kepada tiang jauh. Namun, bola bergulir terlalu kencang bagi Naby Keita yang mengejar dari lini kedua sehingga tak terjangkau.

Dua peluang emas untuk Liverpool terlewatkan. Akselerasi Divock Origi di sayap kanan lapangan diakhiri dengan umpan silang ke tengah kotak ke arah Mane. Namun, pengawal Mane, Keane mampu menyapu bola untuk menjadikan sepak pojok.

Setelahnya, tendangan sudut Trent Alexander-Arnold diteruskan Virgil van Djik. Bola jatuh di jalur Origi namun sontekannya dari depan gawang mengenai tiang. Skor masih 0-0.

Liverpool akhirnya memecah kebuntuan di penghujung pertandingan, yang terbantu dengan blunder Pickford. Dari sepakan voli Van Dijk, bola meluncur ke sudut atas gawang Everton. Pickford gagal mengantisipasi bola dengan sempurna sehingga bergulir di area mistar sebelum jatuh ke bawah dan disambar Origi dari jarak dekat.


Susunan Pemain

LIVERPOOL: Alisson, Alexander-Arnold, Gomez, van Dijk, Robertson, Wijnaldum, Fabinho, Shaqiri (Keita 71'), Salah (Sturridge 75'), Firmino (Origi 84'), Mane

EVERTON: Pickford, Coleman, Keane, Mina, Digne, Andre Gomes, Gueye, Walcott (Lookman 63'), Sigurdsson (Zouma 90+1'), Bernard (Calvert-Lewin 90'), Richarlison (detik)

Subscribe to receive free email updates: