Android Oreo vs Nougat

Android Oreo vs Nougat

Sejak diumumkannya OS Android 8.0 pada 21 Agustus 2017 lalu tentu banyak yang penasaran apa yang baru dari sistem operasi Android terbaru ini. Android masih menggunakan nama makanan untuk menyebut sistem operasinya. Oreo merupakan penerus dari sistem operasi Android sebelumnya yang dinamai Nougat dan seharusnya sistem operasi yang lebih baru harus lebih baik dari yang sebelumnya.

Android Oreo vs Nougat

Sekilas, banyak yang berubah dari tampilan Android Oreo dan memiliki peforma yang lebih menarik daripada Nougat. Lalu dari segi mana saja fitur tampilan Oreo yang berubah dari Nougat? Simak ulasan berikut!

Android Oreo vs Nougat

Perbedaan Android Oreo dan Nougat

1. Perbedaan dari Segi Tampilan

Tidak ada perbedaan signifikasi dari kedua OS Android ini jika dilihat dari segi tampilan. Perbedaan hanya terletak dari ikon – ikon di layar Homescreen pada Android Oreo lebih simpel dan efisien dengan hadirnya Adaptive Icon dari Google pada Android versi 8.0. Pada Android Oreo sudah ada mode PIP (Picture in Picture) yang memungkinkan untuk mode multi-window pada aktivitas pemutaran video. PIP awalnya hanya disediakan untuk Android TV, namun Android Oreo membuat fitur ini tersedia di ponsel. Android Oreo telah meningkatkan kemampuan kesesuaian platform untuk perangkat tipe non-mobile yang didukung dengan multi-display. Perbedaan dari segi tampilan lainnya adalah sebagai berikut:
  • Tampilan Notifkasi dan Menu Setting
Perbedaan hanya terletak pada perubahan warna ikon dan background. OS Android Nougat menggunakan warna gelap secara default, sedangkan pada Oreo sudah menggunakan warna putih dengan font berwarna hitam, kebalikan dengan Nougat. Quick setting pada Nougat biasanya terletak di bagian atas pop-up notifikasi, namun pada Oreo berada dibawah. Tampilan menu setting pada Android Oreo juga mengalami perubahan dibanding Nougat, dimana pada Oreo tampilan menu opsi setting sudah digolongkan berdasarkan kategorinya.
  • Tampilan App Drawer
App Drawer adalah tampilan semua menu yang ada pada ponsel. Pada Android Oreo mengalami perubahan dari OS sebelumnya yakni pada pada Android Oreo dinilai lebih ramai dengan aplikasi baru dari Google yang akan dirilis bersamaan dengan Android Oreo. Selain perbedaan itu, App Drawer di kedua OS masih terlihat sama.
  • Tampilan Menu
Ada tampilan menu baru pada Android Oreo yakni pada tampilan menu storage dan battery. Menu storage pada Oreo diklaim lebih informative dan modern daripada Nougat dengan lebih banyak tools bermanfaat. Begitu juga pada menu battery yang juga lebih modern dan efisien.

2. Dukungan Wi-FI Aware

Ini yang baru dari Android Oreo dimana sudah mendukung Wi-Fi Aware atau dikenal sebagai Neighbor Awareness Networking atau NAN. Perannya berguna untuk menghubungkan antar perangkat melalui Wi-Fi Aware. Android Oreo sudah dilengkapi dengan kemampuan untuk menemukan perangkat lain disekitarnya dan kemampuan membuat koneksi jaringan Wi-Fi directional dua arah.

Selain itu, pada Android Oreo sudah dilengkapo Autofill Framework yang bisa mengisi data otomatis ketika dilakukan setting. Pengisian data biasanya diperlukan ketika mengharuskan Anda untuk Login. Tentu saja mode canggih ini akan menghemat waktu Anda. Tidak hanya itu, Oreo mampu memilah aplikasi mana yang tepat digunakan untuk ponsel Anda dan selalu menjaga kapasitas Anda agar tidak overload dengan membagi kuota masing – masing aplikasi agar tidak saling mendominasi.

Itulah perubahan pada OS Android terbaru, Android Oreo vs Nougat. Secara tampilan memang hanya mengalami sedikit perubahan namun Android Oreo memberikan tampilan yang lebih elegan dan simpel. Namun, dari segi operasi, tentunya Oreo lebih baik daripada Nougat.

Subscribe to receive free email updates: