Hal Yang Harus Dilakukan pada Android Baru?

Hal Yang Harus Dilakukan pada Android Baru? 

Ponsel Android dengan spesifikasi yang semakin canggih dan modern selalu menjadi daya tarik konsumen yang ingin mencobanya. Namun, biasanya seseorang membeli ponsel baru karena menginginkan spesifikasi tertentu yang ditawarkan dari pengembang ponsel Android tersebut, misalnya saja fitur kamera.

Hal Yang Harus Dilakukan pada Android Baru? 

Setelah mendapatkan Android barunya pasti akan segera mengecek fitur kameranya. Padahal ada beberapa hal yang seharusnya tak luput diperhatikan ketika Anda membeli Android baru. Apa saja yang harus dilakukan pada Android baru?

Hal Yang Harus Dilakukan pada Android Baru

Hal Yang Harus Dilakukan pada Android Baru
  • Cek Kelengkapan dan Kondisi Perangkat
Hal pertama yang seharusnya Anda lakukan pada Android baru adalah mengecek kelengkapan ponsel, termasuk boks ponsel dan seisinya. Anda perlu memastikan benda – benda yang ada di dalam boks ponsel seperti charger, headset, kepala charger atau adaptor dan perangkat ponsel. Jangan dulu terlena dengan kecanggihan pada perangkat, sebaiknya perhatikan apakah benda – benda tersebut dalam kondisi baik dan tidak mengalami cacat. Kelengkapan ponsel tersebut seharusnya masih bagus dan tidak kotor. Android baru memiliki kondisi yang mulus dan tidak lecet sedikitpun. Jika pada casing ponsel terdapat cacat, sebaiknya tukarkan dengan ponsel baru yang sejenis jika ada garansinya.

Setelah Anda mengecek kelengkapan dan kondisi perangkat, segera nyalakan ponsel baru Anda dan cek aksesorisnya. Anda bisa memulai dengan mencoba chargernya untuk mengisi daya pada ponsel. Cobalah kurang lebih 5 menit untuk melakukan pengisian daya. Anda bisa mengecek kecepatan pengisiannya.
  • Cek Keaslian Android 
Ini menjadi hal penting yang harus dilakukan karena semakin maraknya peredaran Android palsu yang banyak terjadi pada Android yang dijual dengan harga murah. Keaslian bisa dilakukan dengan mengecek nomor IMEI dan bisa menggunakan bantuan aplikasi lain untuk mengecek keaslian Android seperti CPU-Z, CPU/RAM/DEVICE Identifier dan Antutu Benchmark yang biasanya digunakan untuk mengecek keaslian software.
  • Cek Kemampuan dan Kinerja Android
Sebelum mencoba ponsel lebih jauh, sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu pada kemampuan ponsel Anda. Biasanya ponsel sudah dilengkapi dengan spesifikasi kemampuan perangkat, Anda bisa melakukan ini untuk membuktikannya. Untuk mengecek kemampuan CPU dan RAM Anda bisa melakukan dengan bantuan aplikasi yang berat untuk menguji kemampuan Android baru Anda. Anda juga bisa melakukan pengecekan terhadap kemampuan perangkat Android untuk menangkap sinyal Wi-Fi. Apakah koneksi lancar dan apakah terlalu banyak memakan baterai.
  • Update Sistem Operasi
Anda perlu melakukan update sistem operasi Android ke sistem operasi yang lebih baru. Update sistem operasi ke yang lebih baru akan membuat peforma ponsel Android Anda lebih mudah dan canggih. Update sistem operasi lebih baik dilakukan pada saat ponsel masih baru karena belum banyak data yang tersimpan pada memori internal. Selain melakukan update pada sistem operasi, Anda bisa melakukan pembaharuan pada aplikasi – aplikasi yang sudah terinstal pada Android baru agar kinerja ponsel menjadi lebih optimal.
  • Tambahkan Pelindung Android
Terakhir, jika Anda sudah melakukan pengecekan menyeluruh pada ponsel Android baru Anda, Anda bisa menambahkan pelindung atau soft case ponsel agar tidak mudah lecet ketika mengalami benturan. Android keluaran terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan pelindung layar yang anti gores, jadi tidak perlu menambahkan tempered glass.

Itulah 5 hal yang harus dilakukan pada Android baru. Pengecekan menyeluruh pada Android baru bermanfaat untuk menghindari penipuan pada produk Android palsu.

Subscribe to receive free email updates: