Cara Mempercepat Koneksi 3G Android

Cara Mempercepat Koneksi 3G Android

Bagi pemilik ponsel Android yang masih dengan jaringan 3G pasti suka kesel karena akses internetnya tidak secepat jaringan ponsel 4G.

Di artikel kali ini, Kami akan memberikan tips jitu untuk Anda yang ingin mempercepat koneksi 3G agar secepat 4G. Ada beberapa metode yang bisa Anda lakukan sebagai cara mempercepat koneksi 3G Android. Lanjut dengan

Cara Mempercepat Koneksi 3G Android


Tips Jitu:

Cara Mempercepat Koneksi 3G Android

Cara Pertama:
Melakukan Root dan Mengotak – Atik Sistem
Sebelum mengotak – atik pengaturan koneksi pada ponsel Anda, pastikan terlebih dahulu perangkat Anda sudah dilakukan root. Jika langkah ini sudah dilakukan, ikuti langkah – langkah selanjutnya berikut ini:

  • Mengunduh file Option.7z dan Root Explorer dan ES File Explorer dengan ponsel Android Anda
  • Selanjutnya unduh juga file Option.7z dan Unzip melalui perangkat komputer.
  • Gunakan kabel USB untuk menghubungkan perangkat ponsel dengan perangkat komputer dan copy file yang sudah Anda unduh tersebut di lokasi penyimpanan telepon pada ponsel.
  • Buka file explorer pada ponsel Anda dan berikan ke root privileges. Untuk yang menggunakan ES File Explorer perlu diaktifkan terlebih dahulu dari menu, namun yang menggunak Root Explorer tidak jadi masalah meskipun tidak diaktifkan dulu
  • Kemudia carilah file Option di Root Explorer atau ES File Explorer melalui Android  dan salinlah file tersebut dengan menahan file.
  • Selanjutnya, bukalah lokasi System/etc/ppp di menu Root Explorer. Setelah itu tekan pilihan Mount R/W dan paste file yang sudah Anda salin sebelumnya di folder ppp di menu tersebut.
  • Langkah selanjutnya adalah mengubah izin File Options dengan menekan lama file Option pada kasus Root Explorer, tab permission, lalu r-w-r-r. Sedangkan yang menggunakan ES File Explorer, lakukan dengan menekan file option lalu masuk ke menu Properties, pilih Edit Permissions, lalu nonaktifkan beberapa pilihan Write yaitu, Set UID, Set GID, Set GID, Stick Bit. Terkahir klik OK, dan lakukan reboot perangkat Anda.
Cara Kedua:
Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga
Dalam hal ini, menggunakan aplikasi pihak ketiga dimaksudkan untuk mengganti aplikasi yang biasanya digunakan untuk browsing ke aplikasi yang lebih ringan digunakan. Aplikasi yang dimaksud adalah OperaMax yang bisa digunakan untuk browsing dengan cepat. Cara kerja aplikasi ini adalah dengan mengoptimalkan jalur lalu lintas internet khususnya koneksi 3G yang dibuat menjadi lebih cepat. Selain ringan untuk browsing, aplikasi ini juga bisa menghemat kuota internet Anda karena data yang masuk melalu aplikasi ini seperti gambar akan melalui proses kompresi terlebih dahulu hingga 50% lebih rendah daripada aslinya. Proses pemuatan konten menggunakan aplikasi ini lebih cepat daripada browser biasa.

Cara Ketiga:
Mengosongkan Cache Ponsel
Cobalah untuk rajin mengosongkan cache pada ponsel Anda, karena cache yang menumpuk bisa menjadi salah satu penyebab lemahnya koneksi internet 3G. Cache yang membengkak pada memori ponsel bisa memakan sumber daya perangkat dan membuat lambat, baik lambat dalam perangkat juga lambat untuk menerima koneksi. Biasanya hal ini mudah terjadi pada Android versi lama. Sebenarnya, cache bisa secara otomatis dibersihkan dengan bantuan aplikasi seperti Cleanser, namun jika Anda tidak memiliki aplikasi tersebut, Anda bisa membuka setelan ponsel dan pilih menu Aplikasi. Lalu pilih aplikasi yang Anda ingin bersihkan cachenya dan tab bersihkan cache.

Itulah, beberapa cara mempercepat koneksi 3G Android yang bisa Anda coba jika memiliki masalah terkait koneksi internet. Anda juga dapat membatasi browsing Anda dengan menon-aktifkan gambar pada aplikasi browsing dan cukup menampilkan text saja, ini bisa membuat ringan koneksi internet Anda. Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates: