Cara setting dan cara buat VPN di Android

Cara setting dan cara buat VPN di Android

Jika Anda termasuk pengguna Android, maka tentu sudah tak asing dengan istilah VPN. Ponsel yang dibekali dengan OS Android sebenarnya sudah dibekali dengan VPN dalam sistemnya, namun  tak semua pengguna Android mengetahui hal tersebut. Banyak alamat VPN gratis yang bahkan bisa disetting secara manual.

Cara setting dan Cara buat VPN di Android

Sebagai informasi, VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network yaitu sebuah teknologi jaringan yang menciptakan koneksi jaringan aman dari koneksi jaringan internet publik atau jaringan operator yang biasa Anda gunakan. Fungsinya, untuk bisa mengunduh aplikasi yang tak tersedia pada negara dimana Anda berada sekarang. Selain itu, dengan VPN Anda juga bisa melakukan enkripsi saat sedang browsing di jaringan WiFi publik. Lantas, bagaimana cara setting dan cara buat VPN di Android tersebut? Berikut penjelasan singkatnya.

Cara setting dan Cara buat VPN di Android

Cara Setting dan Cara Buat VPN Di Android Menggunakan OpenVPN

Jika Anda menggunakan jaringan OpenVPN, maka sebelum mengetahui cara buat VPN di Android, Anda perlu melakukan install aplikasi pihak ketiga terlebih dahulu. Aplikasi yang dimakasud adalah OpenVPN Connect. Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi yang bekerja pada Android 4.0 (JellyBean) atau yang lebih tinggi. OpenVPN Connnect sendiri diketahui tidak membutuhkan root agar bisa digunakan. Sedangkan untuk tipe Android yang lebih rendah, Anda harus root terlebih dahulu agar aplikasi OpenVPN Connect dapat bekerja dengan lancar.

Cara Setting dan Cara Buat VPN di Android Secara Manual.

Sebenarnya, Android telah memperoleh dukungan yang terintegrasi untuk PPTP dan L2TP sehingga untuk terhubung dengan VPN tak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga. Tahap pertama cara buat VPN di Android yaitu memastikan terlebih dahulu Anda sudah terhubung dengan VPN. Untuk bisa mengakses atau menghubungkan VPN di Android yang kompatibel, yang perlu Anda lakukan yaitu membuka menu Setting lalu klik More kemudian “Wireless & Networks”. Setelahnya, tekan pilihan VPN di layar “Wireless & Network” tersebut. Setelahnya, tekan tombol + kemudian masukkan detail VPN Anda tersebut. Tahapan selanjutnya yaitu mulai memasukkan nama, jenis protokol VPN hingga alamat server. Pertama, untuk memudahkan dalam mengingat VPN yang sudah dibuat dengan nama VPN lain, masukkan nama VPN Anda ke bagian “Name”.  Kemudian, masukkan jenis protokol VPN di bagian “Type” dan alamat server di bagian “Server Address”. Untuk Android dengan tiper 2.3, Anda bisa meng-klik “Add VPN” kemudian pilih jenis protokol VPN yang sedang digunakan, baik PPTP atau L2TP. Untuk nama VPN, masukkan di bagian “VPN Name” dan alamat server di bagian “Set VPN Server”. Setelah semua proses selesai dilakukan, tekan tombol menu kemudian klik “Save”.

Cara buat VPN di Android memang terdiri dari beberapa tahapan. Setelah proses pengisian nama, jenis protokol hingga alamat server selesai, masih ada tahap selanjutnya. Anda perlu klik VPN yang sebelumnya telah dikonfigurasi agar dapat terhubung dengan server VPN. Dalam proses menghubungkan Android dengan server VPN ini, Anda akan membutuhkan username dan password.

Ketika Anda sudah terhubung dengan server VPN, akan diperlihatkan secara berkala notif “VPN Activated” di layar atas. Untuk bisa memutuskan sambungan VPN tersebut, Anda harus klin notifikasi lalu klik “Disconnect”.

Itulah sedikit informasi mengenai cara setting dan cara buat VPN di Android yang bisa kami sampaikan. Yang perlu diingat, sebelum melakukan proses diatas, ada baiknya cek terlebih dahulu tipe Android Anda. Karena ada beberapa bagian yang diperuntukkan untuk Android tipe 4.2, yang tak bisa atau ada di tipe bawahnya. Semoga Anda terbantu dengan adanya artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: