HP Dicas Tapi Tidak Mengisi? Ini Penyebabnya

HP Dicas Tapi Tidak Mengisi

Ini Penyebab dan Solusinya!
Charger adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna smartphone. Charger memang menjadi barang paling riskan karena seringnya digunakan pengguna Android. Ponsel yang sudah dicas berjam – jam kadang tidak mengisi bisa jadi ada dua kemungkinan sumber masalah, bisa jadi karena chargernya yang sudah rusak atau memang ponselnya yang tidak bisa menerima daya.

HP Dicas Tapi Tidak Mengisi

Biasanya pengguna Android yang mengalami masalah seperti ini, langsung memutuskan untuk membeli charger baru, padahal bisa jadi sumber masalah ada pada ponselnya sendiri. Untuk itu perlu diketahui beberapa faktor penyebab HP dicas tapi tidak mengisi dan solusi apa yang bisa Anda lakukan berikut ini:

HP Dicas Tapi Tidak Mengisi

Kenali Masalah HP Dicas Tapi Tidak Mengisi dan Apa Solusinya
  • Port micro USB yang kotor
Permasalahan pertama bisa jadi karena hal sepele, yaitu port micro USB kotor atau berdebu. Ini bisa menjadi salah satu penyebab perangkat tidak bisa isi ulang baterai.  Hal ini bisa terjadi karena seringnya membawa dan menaruk ponsel di sembarang tempat sehingga mudah kotor dan terkena debu. Solusi untuk masalah ini, Kontak port USB dengan kabel micro USB bisa menjadi terganggu akibat permukaan metalik pada port USB yang kotor. Anda bisa membersihkan port pada ponsel maupun pada charger secara rutin untuk menjaga kebersihan charger.
  • Kabel charger longgar atau tidak sesuai
Colokan USB pada charger yang  terhubung dengan ponsel yang longgar bisa menjadi salah satu masalahnya. Hal ini karena ponsel tidak mau mengisi jika koneksinya longgar atau tidak sesuai. Biasanya masalah ini terjadi pada charger ponsel yang tidak original atau tidak asli dari bawaan ponselnya. Sebaiknya, jangan sering ganti – ganti charger, dan gunakan charger yang original bawaan ponsel. Karena, walaupun charger memiliki tipe yang sama namun terkadang memiliki sedikit ukuran yang berbeda dan kemampuan menerima daya juga berbeda.
  • Jangan mengisi ulang baterai melalui PC
Seringnya menggunakan PC sebagai sumber daya baterai pada ponsel juga bisa menjadi salah satu masalahnya.  PC dan soket listrik memberikan aliran listrik yang berbeda dimana PC aliran lebih tidak stabil daripada soket listrik.  Sebaiknya, jika ingin mengisi daya dengan cepat gunakan soket listrik yang sudah dipastikan dapat bekerja dengan optimal untuk mengalirkan daya (bisa menggunakan tespen).
  • Baterai ponsel mengalami kebocoran
Jika Anda sudah mengecek ketiga permasalah sebelumnya namun HP Anda masih susah untuk mengisi daya, bisa jadi masalahnya ada di baterai ponsel Anda sendiri. Sebelum menyimpulkan hal ini, cobalah mengecek charger Anda untuk mengisi daya pada ponsel lain, jika memang tidak mengisi berarti masalahnya ada di charger, namun jika bisa mengisi berarti permasalahannya ada di baterai ponsel Anda. Baterai ponsel bisa jadi mengalami kebocoran atau bergelembung. Untuk memastikannya cobalah untuk melihat baterai ponsel Anda (untuk ponsel yang bisa dilepas baterainya). Cek baterai ponsel Anda apakah ada gelembung dipermukaan baterai, jika ada maka segera bersihkan dengan kain halus untuk mencegah korosi. Namun jika baterai sudah menggembung parah, sebaiknya segera diganti dengan baterai orisinil buatan pabrik ponselnya, karena bisa tahan 3x lipat daripada baterai biasa.

Itulah  beberapa ulasan tentang penyebab HP dicas tapi tidak mengisi dan juga solusinya. Sebaiknya jika Anda tidak ingin mengalami masalah seperti ini, sering – seringlah mengecek kondisi charger dan baterai Anda, serta jangan menggunakan charger yang tidak orisinil. Selain itu, pengisian daya semalaman juga tidak baik untuk kesehatan ponsel Anda karena bisa mengalami kelebihan daya atau konsleting.

Subscribe to receive free email updates: