Beda Sendiri! Quick Count LKPI Menangkan Sudrajat-Syaikhu

Jiromedia.com - Hasil quick count sejumlah lembaga survei ternama menempatkan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum sebagai pemenang Pilgub Jabar 2018. Namun Gerindra menunjukkan hasil quick count yang berbeda dari Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI).

Hasil quick count LKPI ditunjukkan oleh Waketum Gerindra Arief Poyuono. LKPI, berdasarkan data yang ditunjukkan Arief, mengambil data quick countdari 2.780 TPS di Jawa Barat yang hasilnya sebagai berikut:

1. Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul 30,41% 
2. Tb Hasanuddin-Anton Charliyan 11,17%
3. Sudrajat-Ahmad Syaikhu 30,93% 
4. Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 27,49%

Direktur LKPI Arifin Nur Cahyono membenarkan hasil quick count itu dari pihaknya. Dia juga menjelaskan alasan hasil quick count-nya berbeda dengan lembaga lain.

"LKPI melakukan quick count di TPS yang ada di desa-desa di Jawa Barat, sedangkan lembaga lain terpantau hanya di kota-kota kabupaten dan kota madya. Jumlah TPS yang dijadikan objek quick count oleh LKPI 67,3 persen berada di desa-desa di Jawa Barat," papar Arifin kepada wartawan, Rabu (27/6/2018).

Selain Pilgub Jabar, LKPI juga menggelar quick count untuk Pilgub Jateng 2018. LKPI menempatkan Ganjar Pranowo-Taj Yasin sebagai pemenang, namun beda tipis dengan Sudirman Said-Ida Fauziyah. Berikut hasilnya:

1. Pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin memperoleh suara sebesar 50,02%
2. Pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah memperoleh suara sebesar 49,98% 

[detikcom]

Subscribe to receive free email updates: