Situs KPU Jabar Di-hack, Muncul Lagu Via Vallen

Jiromedia.com -Situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat diretas (hack). Namun sebetulnya tak semua laman KPU Jabar tersebut diretas.

Situs yang diretas beralamat di http://ppid.kpu.go.id. Itu merupakan bagian dari situs KPU Jabar. Laman PPID yang di-hack itu di bagian Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). 

Saat diakses detikcom, Kamis (28/6/2018) pukul 13.00 WIB, laman tersebut terpasang banner 'Hacked by Zimia' 'Error Violence'. Kemudian ketika banner itu diklik akan secara otomatis membuka tab baru ke laman Facebook ke sebuah akun bernama Deni Wiguna.

Selain itu, di situs tersebut langsung memutarkan lagu 'Kimcil Kepolen' yang dinyanyikan Via Vallen. Lagu tersebut diputar sekali alias tak berulang.


Soal peretasan situs KPU Jabar ini sudah ramai dibahas di medsos. Screenshot tampilan situs yang diretas juga tersebar lewat aplikasi pesan instan.

Terkait hal ini, pihak KPU Jabar menyatakan peretasan bukan masalah besar. Sebab, masih ada penghitungan manual. 

"(Sistem keamanan) seoptimal mungkin bebas (retas). Kalau itu memang hack, bebas, nggak apa-apa, nggak ngaruh. Yang jadi patokan mah yang manual," kata Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat saat ditemui di kantornya. [detik]

Subscribe to receive free email updates: